Menggunakan Teknologi AI Berhasil Ungkap Kasus Penipuan

Advertisements

.

Lensautama.com – Menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligent) dalam mendeteksi skema kejahatan penipuan ternyata berhasil mengungkap kasus penipuan bermodus pinjaman, bahkan si pelaku telah berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian.

Popularitas platform fintech yang sedang naik daun membuat celah seseorang untuk melakukan tindak kriminal penipuan. Sebagai contohnya mereka mencoba mengajukan pinjaman dengan menggunakan data orang lain.

Hal inilah yang berhasil dideteksi oleh sistem pengajuan Cashwagon. Sistem yang terdiri dari AI, Machine Learning dan Big Data ini menemukan aplikasi mencurigakan yang dilakukan sindikat untuk menipu.

“Kasus yang kami temui ini sangat berbahaya karena mereka menggunakan data asli milik orang lain, sehingga reputasi orang tersebut bisa menjadi jelek nantinya,” kata CEO PT. Kas Wagon Indonesia yang mengoperasikan platform Cashwagon, Asri Anjarsari.
Menelusuri jejak si Penipu

Menurut sistem pemrosesan aplikasi Cashwagon diungkapkan, bahwa pelaku penipuan mencoba untuk mengajukan pinjaman ke pemberi pinjaman menggunakan dokumen orang sungguhan yang bukan milik penipu. Sindikat penipu ini melakukan pinjaman dari berbagai perangkat dengan lokasi geografis yang berbeda-beda.

.

Lanjut Halaman 2


Komentar pembaca

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
%d blogger menyukai ini: