Cara Membawa Mobil Di Kondisi Menurun

Advertisements

.

Lensautama.com – Karakter jalanan di Indonesia tidak menentu. Kadang rata, kadang menaik, kadang menurun. Apabil anda menuju ke Puncak, Bogor, Jawa Barat, Dipastikan jalanannya adalah menaik. Bagi menggunakan mobil berjenis matik tentu tidak ada masalah saat mengendarainya. Lantas, Bagaimana saat anda pulang dari puncak dengan jalanan menurun ?

Banyak yang salah kaprah dengan cukup menginjak rem agar mobil tidak meluncur. Tapi tahu gak? apabila terus menerus menginjak rem dalam kondisi menurun dapat menyebabkan rem menjadi selip alias tidak pakem. Kalau begitu, dapat dipastikan anda berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Langkah yang harus diingat dan dilakukan adalah poin jangan terlalu banyak menggunakan rem. Karena dapat membuat kerja sistem rem semakin berat, dan membuat fungsinya hilang (blong).

“Terlalu sering menginjak rem akan mengalami kegagalan fungsinya akibat gesekan yang lama, yang menyebabkan panas tinggi. Efeknya akan menimbulkan brake fading sehingga pengereman menjadi tak maksimal, belum lagi jika pengecekan dan servis rem yang tak rutin dilakukan, semakin berbahaya,” kata Rudi yang juga mekanik mesin di bilangan Rawamangun.

.

.

.

Ke Halaman Selanjutnya….


Komentar Pembaca