Penyebab As Roda Patah

Advertisements

Lensautama.com – Sering kali kita lihat mobil di derek dikarenakan as rodanya patah. Padahal, pabrikan mobil pasti sudah memperhitungkan bahan dan juga kekuatan dari as roda tersebut agar tidak patah. Yang menjadi pertanyaan adalah, “Kenapa as roda bisa patah?”

Menurut Dian Prabusetiawan yang juga seorang montir kaki-kaki truk di bilangan Pondok Gede mengatakan,”Salah satu penyebab as roda patah adalah beban yang berlebihan. Selain beban yang berlebihan, usia kendaraan juga dapat menyebabkan as roda patah. Lebih parah lagi. Sudah truknya usianya uzur, ditambah dengan beban yang melewati batas.”

Agar terhindar dari kerusakan as roda patah, yang perlu di lakukan adalah jangan mengangkut beban yang berlebihan. Selain itu biasanya mencuci kendaraannya hingga ke kolong kendaraan. “Jangan dicuci body nya saja, tapi kolongnya kagak,”

Gunakan pembersih cairan untuk menghilangkan korosi. Dengan usia kendaraan yang sudah tua, tentu ada beberapa yang bagian yang terkena korosi. Apalagi mengingat posisi as roda ada di bawah, yang tentunya sering terkena air dari cipratan genangan ataupun saat menerabas banjir.

“Kalau kendaraan biasa di wilayah yang deket dengan laut, lebih baik sering-sering dicuci, karena air laut itu kalau sudah terkena dengan besi, lebih cepat terjadi korosi pada besi tersebut. Kalau sudah patah, biaya pergantiannya lumayan mahal, paling murah sekitar 5 jutaan tergantung jenis kendaraannya” pungkasnya

Komentar Pembaca