Resmi, Kemenag dan 164 Travel Dukung Terbentuknya Sapuhi

Advertisements

Lensautama.com – Perjalanan panjang kisruh dualisme kepemimpinan Asosiasi Penyelenggara Haji Umrah dan In-Bound Indonesia(Asphurindo) kini telah benar-benar berakhir.

Berakhirnya polemik tersebut harus diselesaikan dengan jalan alternatif diluar apa yang diarahkan Kementerian Agama (Kemenag) RI pada proses islah yang dilakukan beberapa waktu lalu, yakni membentuk asosiasi haji dan umrah baru dengan menunjuk Syam Resfiadi sebagai Ketua Umum.

Dikatakan Syam, langkah tersebut diambil dikarenakan terdapat beberapa kendala dan banyak yang kurang sesuai untuk mengadakan Munaslub yang disarankan Kemenag.

“Pengurus merapatkan usulan tersebut tapi karena banyak hal yang kurang sesuai jika Munaslub diadakan dengan berbagai alasan, atas dasar ini pengurus Asphurindo memutuskan untuk membuat asosiasi baru dengan nama SAPUHI (Sarikat Penyelenggara Umroh Haji indonesia),” ungkap Syam.

Pembentukan Sapuhi mendapat sokongan dari sekitar 164 travel penyelenggara haji dan umrah. Mereka adalah penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) dan penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) yang sebelumnya menginduk pada Asosiasi Penyelenggara Haji Umrah dan Inbound Indonesia (Asphurindo) hasil Munas II pimpinan Syam Resfiadi.

“Alhamdulillah kita perlu bersyukur kepada Allah bahwa proses ini tidak perlu bertele-tele, terhambat, dan semua diberi kelancaran sama Allah,” ucap Syam.

Dirinya juga bersyukur Sapuhi dapat dukungan penuh dari Kemenag, dapat dukungan dari Muasasah Asia Tenggara, bahkan Ketua Muasasah Asia Tenggara hadir langsung dalam pengukuhan Sapuhi walaupun acaranya kita adakan dengan sangat sederhana.

“Dengan terbentuknya Asosiasl Baru Sapuhi, pengurus memiliki harapan tidak akan terjadi kembali pengambilan hal organisasi yang bersifat Individual dan kesewenang-wenangan perilaku pimpinan,” tutur Syam.

Pengukuhan Sapuhi yang diadakan pada Kamis (7/6), di Gedung Muamalat, Kuningan, Jakarta Selatan, mencatatkan kepengurusan yang diisi oleh Syam Resfiadi sebagai Ketua Umum, Adi Yasin Hidayat sebagai Wakil Ketua, Rija Palupi sebagai Sekretaris Jenderal, Ma’mun Sebagai Wakil Sekretaris Jenderal, Trismaharini sebagai Bendahara Umum dan Alfa Edison sebagai Wakil Bendahara.

Sapuhi resmi mendapatkan akta legalitasnya pada 18 Mei 2018 lalu dan Kpengurusan Sapuhi sendiri telah mendapat Legalitas dari Kementerian Hukum dan HAM dengan Nomor OOO7373.AH.01.07.TAHUN 2018.

Komentar pembaca

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
%d blogger menyukai ini: