Konferensi Alumni UIN se-Indonesia Petakan Permasalahan Bangsa

Advertisements

Lensautama.com – Ikatan Alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar Konferensi Nasional Alumni UIN-UIN se-Indonesia dengan mengangkat tema “Islam dan Transformasi Indonesia: Kontribusi Alumni UIN-UIN se-Indonesia,” yang digelar di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pada Rabu, (21/3/2018).

Hadir dalam diskusi tersebut tokoh-tokoh nasional yang juga alumni dari UIN-UIN se-Indonesia seperti H Ahmad Zacky Siradj, Ketua Umum IKALUNI (UIN Syarif Hidayatullah) Jakarta/Anggota Komisi III DPR RI, Dr. Wahiduddin Adams, Wakil Ketua IKALUNI Jakarta/Hakim Mahkamah Konstitusi, Prof. Dr. Dede Rosyada, MA/Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. Rozaki, Sekjen IKASUKA (UIN Sunan Kalijaga) Yogyakarta, Adv. Acong Latif, SH. Ketua VII IKALUIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ahmad Zacky Siradj mengatakan bahwa dalam konferensi para alumni UIN-UIN se-Indonesia tersebut juga sebagai ajang silaturahmi dan diskusi serta berbagi gagasan tentang pemecahan masalah ataupun kendala yang dihadapi di segala bidang.

“Gagasan dan ide disini adalah mencakup keilmuan, sosial, kebangsaan, maupun politik. Selain itu pertemuan juga sebagai wadah bertukar-pikiran diantara para alumni dalam memetakan masalah-masalah apa saja yang sedang dihadapi bangsa Indonesia saat ini,” tambahnya.

Lalu dalam bidang sosial mengenai gerakan apa yang dilakukan oleh para alumni dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementara di dalam bidang pendidikan kewarganegaraan sendiri, Ahmad Zacky menyatakan bahwa pendidikan adalah sesuatu yang strategis bagi seluruh bangsa-bangsa di dunia, karena setiap manusia dilahirkan sama, maka pendidikan bisa dikatakan sebagai pewaris cita-cita luhur kehidupan berbangsa dan bernegara.

Di lain pihak pendidikan juga memiliki dimensi universal atau lebih luas yakni memanusiakan manusia sehingga dapat memberikan derajat kemuliaan.

Diharapkan dari hasil diskusi, kata Zacky, dapat memberi solusi pemikiran mengenai apa yang bisa dilakukan misalnya dibidang akademis tentang perkembangan ilmu pengetahuan baik secara umum ataupun ilmu agama.

“Pertemuan alumni UIN ini diharapkan dapat menghimpun berbagai gagasan dan ide-ide serta pemikiran. Setiap pemikiran, ide, dan gagasan yang tertuang dalam makalah ini nantinya akan disatukan menjadi sebuah buku atau lebih,” tutupnya.

 

Komentar Pembaca