Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan

Advertisements

Lensautama.com Saat ini musim hujan telah tiba aktivitas berkendara akan membutuhkan lebih banyak waspada dan hati-hati, saat hujan jalanan yang licin ditambah jarak pandang yang pendek akan semakin meningkatkan resiko kecelakaan.

Maka selaku pengendara yang normal kita harus mampu untuk meningkatkan kewaspadaan agar tetap aman dan selamat saat berkendara meski hujan lebat sedang turun.

Berikut adalah beberapa tips agar tetap aman dalam berkendara saat hari hujan:

1. Pastikan Kondisi Mobil Prima
Saat hujan tidak hanya kondisi pengemudi yang harus ditingkatkan melainkan kondisi kendaraan juga harus tetap terjaga, Salah satunya adalah memastikan kondisi ban dalam kondisi yang baik serta memiliki tekanan angin yang sesuai.

2. Jaga jarak aman kendaraan
Jaga jarak aman dengan pengendara lain. Karena pada saat hujan jarak aman pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada kondisi kering.

3. Kurangi Kecepatan
Untuk mengurangi resiko hal yang tidak diinginkan, kurangi kecepatan kendaraan anda agar lebih mudah dikendalikan.

4. Nyalakan Lampu Utama, Hindari Penggunaan Lampu Hazard
Jika anda merasa jarak pandang menjadi terlalu pendek atau sulit melihat kedepan, maka nyalakan lampu utama kendaraan anda, Meski tidak banyak membantu untuk melihat jalanan, tapi ini akan sangat membantu untuk memberitahu pengendara lain di depan dan yang berlawanan arah tentang keberadaan mobil yang anda kendarai dan yang sangat penting jangan pernah menggunakan lampu Hazard.

5. Periksa semua lampu kendaraan
Jangan lupa periksa semua lampu kendaraan, apakah semua lampu dapat berfungsi dengan baik. Lampu tersebut bermanfaat membantu Anda melihat di jarak pandang yang terbatas karena hujan.

Intinya selalu waspada dan berhati-hati di jalan dan selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas, perhatikan marka jalan, dan selalu konsentrasi.

Komentar Pembaca