Menuju Soekarno-Hatta Bisa Naik Kereta

Advertisements

Lensautama.com Menuju Soekarno-Hatta Bisa Naik Kereta, Kendaraan pribadi kini tidak lagi menjadi pilihan satu-satunya untuk orang yang hendak menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Angkutan massal

Selain dapat menggunakan moda yang sudah ada sebelumnya seperti bus Damri dan taksi, angkutan massal kereta telah tersedia untuk mengakses area bandara, bahkan sampai ke depan boarding lounge.

Dilansir dari kompas.com – Hal itu dimungkinkan karena integrasi moda-moda angkutan massal disiapkan pemerintah dari seluruh area Jakarta hingga ke terminal keberangkatan di Bandara Soekarno-Hatta.

Begitu pun sebaliknya. Ketika baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, penumpang bisa langsung mengakses layanan kereta maupun bus transjakarta untuk menuju berbagai tempat di Jakarta.

Layanan KRL

Untuk memberikan gambaran, kami mengilustrasikan Ari yang tinggal di Bekasi. Untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta, dia bisa menggunakan layanan KRL commuter line menuju Stasiun BNI City atau Sudirman Baru.

Selain menggunakan KRL, Ari juga bisa naik bus transjakarta dan memilih rute yang terintegrasi dengan Stasiun Sudirman Baru.

Uji coba integrasi

Calon penumpang berjalan di dekat bus Metrotrans saat uji coba integrasi dengan Kereta Bandara pada hari pertama di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta. Integrasi Metrotrans dengan Kereta Bandara itu bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

Setelah tiba di Stasiun Sudirman Baru, Ari membeli tiket kereta bandara seharga Rp 70.000. Kemudian, dia tinggal menunggu jadwal keberangkatan kereta menuju Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Menurut Head of Corporate Secretary and Legal PT Angkasa Pura II Agus Haryadi, waktu tempuh dari Stasiun Sudirman Baru menuju Stasiun Bandara Soekarno-Hatta kurang lebih 55 menit.

Sesampainya di stasiun bandara, Ari tinggal berjalan sedikit dari bangunan stasiun menuju selter kereta layang atau Skytrain. Layanan Skytrain menghubungkan pengguna jasa ke semua area di Bandara Soekarno-Hatta.

Mampu mengangkut 176 penumpang

Sebuah rangkaian gerbong skytrain melintas diantara Terminal 2 dan Terminal 3 di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Kereta Layang yang mampu mengangkut 176 penumpang sekali jalannya itu sudah resmi beroperasi untuk mengangkut pengguna jasa Bandara Soetta dan untuk sementara hanya melayani penumpang dari Terminal 2 menuju Terminal 3 atau sebaliknya.

Sesampainya di selter Skytrain Terminal 3, Ari cukup berjalan menuju pintu keberangkatan lalu masuk ke boarding lounge.

Bahkan, untuk mempermudah proses sebelum memasuki pesawat, Ari bisa memanfaatkan layanan self check in yang tersedia di area Stasiun Bandara Soekarno-Hatta setelah turun dari kereta.

Angkutan masal

Agus memperkirakan, ke depan integrasi angkutan massal seperti ini akan banyak dimanfaatkan calon penumpang untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Dengan demikian, jumlah pengguna kendaraan pribadi diprediksi secara bertahap akan berkurang dan area bandara tidak lagi mengalami kemacetan, terutama ketika musim libur atau high season.

Harga tiket Rp. 30.000

Antusias masyarakat saat hari pertama uji coba kereta Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta. Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.

One thought on “Menuju Soekarno-Hatta Bisa Naik Kereta

Komentar Pembaca