Tidak Boleh Asal Memilih Pakai Knalpot Racing

Advertisements

Lensautama.com – Cara untuk mengubah suara motor menjadi gahar adalah dengan mengganti knalpot standar menjadi knalpot racing. Agar hasil yang didapat memuaskan, ada hal yang perlu diperhatikan pemilik sepeda motor dalam memilih knalpot racing.

Saat ini, penjual knalpot menjamur di pinggir jalan di berbagai kota di Indonesia. Penyebabnya adalah meningkatnya permintaan dari pelanggan terkait knalpot racing.

Akan tetapi, kita tidak boleh asal dalam memilih dan memasang knalpot. Itu karena kesalahan pada pemasangan dan spesifikasi yang tidak tepat bisa menimbulkan kerusakan pada mesin motor.

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam mengganti knalpot standar menjadi knalpot racing. Kemudian jika mesin motor sudah dimodifikasi, beritahu pihak bengkel.

Pemilihan silencer atau ujung knalpot juga menjadi perhatian. Sepeda motor yang digunakan untuk aktivitas harian memiliki ukuran yang berbeda dengan keperluan balap.

Untuk motor standar, silencer umumnya panjang. Itu karena jika pendek akan menyebabkan tendangan tenaga dari mesin terlalu cepat. Adapun, silencer untuk motor balap adalah pendek. Selain itu, harus ada tambahan saringan dan pipa di dalam knalpot. (len/ydi)

Komentar Pembaca