Mercedes-Benz Segera Pasarkan Chassis Bus Bermesin OF 1623

Advertisements

Lensautama.comMercedes-Benz Segera Pasarkan Chassis Bus Bermesin OF 1623PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia akan segera memasarkan chassis bus terbaru bermesin depan tipe bus besar, Mercedes-Benz OF 1723.

Untuk pertama kalinya, teaser chassis bus ini dalam wujud sketsa ditunjukkan oleh PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia di depan para pengusaha bus yang menghadiri acara gala dinner perayaan ‘Mercedes-Benz Club of Millionaires’ yang diselenggarakan di Trans Luxury Hotel, Bandung.

Chassis bus terbaru Mercedes-Benz OF 1623 akan dipasarkan di Indonesia untuk bertempur melawan chassis bus mesin depan Hino A215 yang selama ini menjadi satu-satunya pemain bus besar bermesin depan di Indonesia, sekaligus menjadi sang penguasa pasar.

“Sebagai sebuah fitur ekslusif dalam acara tahun ini, para anggota diberikan kesempatan unik untuk menjadi yang pertama dalam melihat sketsa bus Mercedes-Benz mesin depan 16 ton yang akan segera diluncurkan, dengan tenaga kuda yang lebih tinggi dibandingkan produk-produk lain di kelasnya,” sebut Mercedes-Benz Distribution Indonesia dalam keterangan resminya.

Dilangsir oleh transporters.id – Dibandingkan dengan chassis bus Hino A215 atau yang dikenal dengan Hino AK series, chassis Mercedes-Benz OF 1623 memiliki sejumlah keunggulan. Diantaranya, yang utama adalah tenaganya yang 15 horse power lebih tinggi. Hino A215 hanya memiliki tenaga maksimum 215 horse power. Sementara, Mercedes-Benz OF 1623 memiliki tenaga maksimum 230 horse power dan akan menjadi chassis bus dengan tenaga tertinggi di kelasnya.

Chassis ini juga unggul di gross vehicle weight (GVW) yang mencapai 16 ton. GVW ini 1 ton lebih tinggi dari GVW di chassis bus Mercedes-Benz OH 1526 tipe mesin belakang yang saat ini dipasarkan.

Kelebihan lainnya adalah panjang chassis yang diperkirakan sedikit lebih panjang dari Hino A215, atau setidaknya sama, untuk mengakomodir jumlah penumpang yang lebih banyak. Yang pasti overhang (julur) depan chasis Mercedes-Benz OF 1623 lebih panjang dari overhang depan chassis Hino A215.

Mercedes-Benz diperkirakan akan membenamkan teknologi full air brake pada sistem pengeremannya sebagai fitur standar di chassis OF 1623 ini. Sementara, untuk kaki-kakinya, Mercedes-Benz akan mengaplikasikan suspensi per daun, sama seperti yang diaplikasikan Hino pada chassis A215.

Masih belum ada keterangan resmi kapan (bulan apa) Mercedes-Benz akan resmi meluncurkan chasis OF 1623 ini di pasar Indonesia. Yang pasti, hadirnya chassis ini menandakan kembalinya Mercedes-Benz di pasar bus besar bermesin depan setelah satu dekade lebih meninggalkan segmen ini. Di tahun 1980-an, Mercedes-Benz pernah memasarkan chassis mesin depan OF 1113.

Berdasar catatan kami, chassis bus Mercedes-Benz OF series sudah lebih dulu dipasarkan di Afrika Selatan dan negara-negara Amerika Latin namun dengan kode OF 1723. Bus ini menggunakan mesin seri 900, yakni OM 906 6 silinder-inline berkapasitas 3.670 cc. Khas di bus-bus Mercedes-Benz, chasis bus ini bisa meraih tenaga maksimum di putaran rendah. Yakni mencapai 170 kW pada 2.200 rpm dan torsi puncak 810 Nm pada 1.200 sampai 1.600 rpm. Untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda, digunakan transmisi tipe G85 6 percepatan manual. Suspensi roda depan dan belakang menggunakan tipe Parabolic, double-acting telescopic shock absorbers.

 

Komentar Pembaca