TAYANGAN EDUKATIF ZOOMOO KEMBANGKAN INTERAKTIF ANAK DAN ORANGTUA

Advertisements

Lensautama -Tayangan edukatif ZooMoo kembangkan interaktif anak dan orangtua. Pesatnya teknologi dan digitalisasi menuntut kesigapan semua pihak di bidang kehidupan. Banyak pergeseran dan perubahan cara dan kebiasaan yang sebelumnya hanya dilakukan secara konvensional namun kini perlahan menjadi lebih instan, lebih maju dan lebih kompleks. Termasuk diantaranya adalah edukasi anak dalam menyerap informasi edukatif yang bermanfaat melalui tayangan tontonan di beragam media. Konsumsi tayangan digital anak saat ini menjadi perhatian utama para orangtua. Banyak pilihan tayangan bergenre edukatif bagi anak saat ini, namun orangtua menjadi figur yang amat penting dalam hal pemilihan program tayangan dan pendampingan.

Pendampingan orangtua terhadap anaknya dalam pemilihan program tayangan, selama tayangan berlangsung hingga akhir tayangan yang ditonton menjadi panduan yang baik sebagai pondasi membangun interaksi komunikasi antara anak dan orangtua. Program tontonan menjadi jembatan dan hiburan orangtua dan anak. Orangtua akan mendalami keingintahuan, keberkembangan hingga efek pofitif lainnya yang didapat anaknya dari tontontan yang menghibur sekaligus belajar tersebut. Melalui pertanyaan, penjelasan, ekspresi, contoh yang diberikan orangtua sebagi bentuk respons kepada anaknya menjadi bukti efektifnya tontontan tersebut. Merujuk riset The Common Sense Census dari 1.400 orang tua di seluruh Amerika Serikat mengungkapkan anak-anaknya kerap menggunakan media teknologi terkini.

Tayangan program ZooMoo menjadi pilihan yang tepat bagi konsumsi tontontan dan interaksi digital antara anak dengan apa yang ditayakan di layar dengan pendampingan orangtuanya. ZooMoo hadir sebagai kanal televisi pertama di Asia berbasis informasi digital yang diperuntukan bagi anak-anak pra-sekolah.  ZooMoo memiliki tayangan menarik sekaligus mengajak anak-anak untuk menjelajahi dunia binatang dengan cara yang menghibur, interaktif dan menciptakan lingkungan yang aman untuk merangsang pikiran dan tubuh anak-anak melalui pengenalan dunia binatang. Yang menjadi nilai lebih dari ZooMoo yakni aplikasi ini dapat bersinkronisasi dengan tayangan televisi ZooMoo tanpa menggunakan jaringan internet karena akan terhubung menggunakan Voice Recognition melalui piranti yang dapat membaca suara hewan yang ada di tayangan ZooMoo dan menampilkannya ke dalam aplikasi secara langsung. Pengalaman menarik akan dialami si Anak dan berguna bagi orangtua seberapa cepat respon dan berkembang anaknya, melalui aplikasi ZooMoo, anak-anak seolah dapat berinteraksi dengan hewan yang ditontonnya, seperti memberi makan, merawat, mengenal dan mempelajari nama dan hingga 150 bentuk binatang, dan akhirnya momen berharga tersebut dapat disimpan dalam galeri foto dan video.

Sebagai apresiasi, keberhasilan dan respons positif kehadiran tayangan ZooMoo ini adalah dengan beberapa penghargaan yang diperolehnya. Seperti di tahun 2015, aplikasi ZooMoo menerima Parents Awards Seal of Approvement Award yang dinobatkan oleh Parent’s Choice Foundation di Amerika Serikat sebagai aplikasi yang aman dan dirancang secara intuitif dan menghibur bagi anak-anak untuk belajar fakta tentang hewan dan habitat masih di tahun yang sama, aplikasi ZooMoo diberikan rating bintang lima oleh EducationalAppStore.com, salah satu situs yang pendapatnya banyak dipertimbangkan di Inggris, sebagai aplikasi anak-anak yang sangat menarik dan terbaik dalam kategori edutainment. Selain itu dampak positif selanjutnya adalah aplikasi ZooMoo kini meningkat hingga 7,2 persen dari bulan Mei hingga September 2017, dengan durasi pengguna aktif android yang terkoneksi pada tayangan ZooMoo di bulan September sebanyak 70 persen dan pada pengguna  iOS sebanyak 47 persen.

ZooMoo hadir dengan tayangan baru dan eksklusif di bulan November ini, yakni “Junior’s My Pet and Me Special” yang ditayangkan setiap hari pukul 17:05 WIB. “Junior’s My Pet and Me Special” akan memberikan pengetahuan bagi anak-anak mengenai tanggung jawab saat memiliki hewan peliharaan. Tayangan ZooMoo dapat dinikmati melalui First Media kanal 372 (HD), Indovision kanal 39, Oke Vision kanal 65, dan MNC Play kanal 421.

 

[1]  Sumber: Michael Robb, Kids Screen Time Shifts Dramatically towards Phones and Tablets, Common Sense Media, October, 2017; https://www.commonsensemedia.org/blog/kids-screen-time-shifts-dramatically-toward-phones-and-tablets#

Komentar pembaca

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
%d blogger menyukai ini: