Triumph Jadi Pemasok Tunggal Mesin untuk Ajang Moto2 di 2019

Advertisements

LensaUtama.com – Pabrikan sepeda motor legendaris asal Inggris, Triumph, memastikan akan menyuplai mesin untuk ajang balap FIM Moto2 di 2019.

Rencananya, pihak FIM akan mengumumkannya menjelang Gran Premio d’Italia Oakley di sirkuit Mugello, Sabtu (3/6) waktu setempat. Kesepakatan yang terjadi antara Triumph dan penyelenggara MotoGP, Dorna Sports, akan berdurasi selama tiga tahun.

ajang moto2
Konferensi pers Triumph dan Dorna Sports (dok.motogp)

Merek asal Negeri Ratu Elizabeth itu akan menggunakan Triumph triple engine yang berkapasitas 765 cc. Mesin yang sudah diracik untuk kompetisi balap tersebut, akan berbasis dari Triumph Street Triple lansiran 2017.

“Ini menjadi momen yang penting bagi Triumph. Kesepakatan ini membawa babak baru untuk sejarah balap kami selama 110 tahun. Kami menatap ke depan untuk menjalin kerja sama jangka panjang dengan tim-tim Moto2, para pebalap, dan juga para fan,” ujar Paul Stroud, Chief Commercial Officer Triumph Motorcycles.

Triumph Torehkan Sejarah Baru di Ajang Moto2

Keputusan Dorna Sports menjalin kerja sama dengan Triumph, bukan tanpa sebab. Hal ini karena pabrikan legendaris asal Inggris tersebut sudah membuktikan kemampuan mesin buatannya di beberapa ajang balap bergengsi.

Mesin terbaru dari Triumph, merupakan pengembangan dari mesin juara Daytona 675R. Kualitasnya sudah teruji ketika memenangi ajang Isle of Man TT, Daytona 200, dan juga British Supersport Championships di 2014 dan 2015.

Kini, sebagai pemasok utama mesin di ajang Moto2, Triumph bisa dibilang naik kelas. Mereka ingin menunjukkan pencapaiannya, dengan menorehkan sejarah terbaru dari pabrikan legendaris asal Inggris tersebut.

ajang moto2
Mesin Triumph untuk Ajang Moto2 di 2019 (dok.motogp)

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan salah satu merek sepeda motor paling ikonik di dunia. Triumph triple engines sudah terbukti mencapai banyak kesuksesan di lintasan balap. Inilah yang membuat Triumph sebagai pilihan ideal untuk kejuaraan Moto2. Kami menatap ke depan untuk musim 2019, dan memulai generasi terbaru kerja sama dengan Triumph,” cetus Carmelo Ezpeleta, Chief Executive Officer of Dorna Sports.

Ajang balap Moto2, bisa dikatakan sebagai kunci utama bagi para pebalap yang ingin melangkah ke pentas MotoGP. Hal ini bukan tanpa alasan, karena banyak para pebalap top MotoGP yang menjajal terlebih dulu di ajang Moto2.

“Kedatangan Triumph sebagai pemasok mesin tunggal, begitu juga dengan ECU terbaru untuk kelas menengah ini, akan menandakan era terbaru dari sebuah evolusi yang akan menuju ke pentas MotoGP,” tandas Herve Poncharal, President of IRTA.

Komentar Pembaca