Revolusi Industri Cat dan Pelapis Nippon Paint Indonesia: Penuhi Permintaan Konsumen yang Semakin Personal

Advertisements

Lensautama Industri cat dan pelapis di Indonesia masih dalam kondisi yang menjanjikan dan cenderung mengalami peningkatan yang stabil. Setelah sempat mengalami penurunan pada 2015 akibat adanya penurunan pada perekonomian global dan domestik, pada 2016 industri ini kembali memperlihatkan geliatnya. Adanya peningkatan pesat pada pembangunan infrastruktur, bangunan komersil, dan perumahan di Indonesia membuat industri ini memiliki pertumbuhan yang menjanjikan dan mendorong kebutuhan konsumen terhadap produk cat dan pelapis, baik di sektor industri maupun rumah tangga.

Nippon Paint yang telah berpengalaman lebih dari 135 tahun, melalui komitmen dan inovasi yang berkelanjutan menjadi salah satu pemain unggul dan produsen produk cat dan pelapis terbesar di Asia. Mulai dari cat dan pelapis untuk produk otomotif, kapal laut dan industri, hingga bangunan komersial dan perumahan. Di Indonesia sendiri, saat ini Nippon Paint telah berkembang menjadi perusahaan cat dengan kapasitas terbesar di Asia Tenggara, dengan 4 pabrik yang volume produksinya mencapai 250.000 ton per tahun demi memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia. Peningkatan kuantitas terhadap kebutuhan cat dan pelapis ini tentunya perlu diiringi dengan peningkatan kualitas, dimana standar terhadap kesehatan dan keamanan menjadi hal utama, selain kualitas warna dan ketahanan, fungsi spesifik menjadi keunggulan utama sebuah produk cat.

Seiring dengan perjalanannya, Nippon Paint telah memberikan kontribusi besar terhadap peta perjalanan industri cat dan pelapis di Indonesia. Melalui riset dan inovasi yang terus dilakukan hingga saat ini, kami telah memberikan sebuah peta perancangan terdepan untuk produk pelapis yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan konsumen yang kian spesifik dan personal”, jelas Jon Tan, CEO Decorative Paints Nippon Paint Indonesia dalam media gathering yang diselenggarakan pada 14 Juni 2017 di Jakarta. Sejak tahun 1969, kehadiran Nippon Paint di Indonesia telah membawa perubahan radikal dalam industri cat yang tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan konsumen dalam memperindah ruang dan lingkungan, namun juga memberikan sebuah perlindungan dan menjaga keseimbangan lingkungan.

Revolusi ini dimulai pada tahun 1960-an, dimana perubahan bangunan dari kayu ke tembok mendorong Nippon Paint untuk pertama kalinya memperkenalkan cat water based di Indonesia. Cat berbahan dasar air lebih mudah diaplikasikan, lebih ekonomis, dan ramah lingkungan. Sejak saat itu terjadilah transisi dari cat solvent based menjadi cat water based. Pada tahun 1980-an, Nippon Paint mempopulerkan cat warna warni melalui kartu warna Vinilex yang didistribusikan ke puluhan depot di berbagai kota di Indonesia. Kartu warna ini memberikan inspirasi dan kemudahan bagi konsumen dalam memilih warna dan produk cat selain warna putih.

Seiring dengan bertambahnya kebutuhan konsumen akan warna cat yang lebih beragam, pada tahun 1990an Nippon Paint mulai memperkenalkan mesin tinting, Colour Creations Machine (CCM) dengan kemampuan otomatisasi pengoplosan warna di Indonesia yang mampu menghasilkan ribuan warna interior dan eksterior. Di era ini pula, adanya diferensiasi cat untuk interior dan eksterior. Pada awal tahun 2000, mesin tinting Nippon Paint – Colour Creations Machine (CCM), yang semula hanya berfokus pada kemampuan memproduksi ribuan warna cat, berevolusi dan hingga kini mampu mengakomodir kebutuhan akan berbagai jenis produk cat dengan fungsi khusus di berbagai permukaan dan lingkungan yang spesifik. Tidak berhenti disitu, evolusi mesin tinting ini dilanjutkan kembali dengan dihadirkannya mesin Colour Creations Machine Pro (CCPro) Series sebagai mesin tinting lanjutan untuk produk cat solvent based.

Jon Tan menjelaskan, jika kehadiran mesin CCPro seperti sebuah pabrik cat yang berada di tengah-tengah masyarakat. Dengan adanya CCPro, cat heavy duty dan architectural menjadi mudah dijangkau oleh masyarakat umum yang ingin mengaplikasikannya pada hunian mereka. “Ibaratnya kapasitas pabrik dipadatkan menjadi satu mesin yang saat ini kami sebar ke berbagai wilayah Indonesia dan siap melayani permintaan cat tanpa ada batasan warna dan jumlah, bahkan mulai dari 1 liter”, tambahnya. Revolusi yang dilakukan oleh Nippon Paint tidak hanya sekedar untuk menyediakan produk cat yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen, namun juga untuk memberikan kepastian kualitas melalui sistem Garansi Warna 100% Akurat dan Konsisten untuk seluruh teknologi mesin tintingnya. Ditambah dengan proses pendampingan dan edukasi yang diberikan kepada para tukang atau mandor untuk mengaplikasikan produk dengan tepat, menjadi salah satu wujud komitmen Nippon Paint untuk dapat terlibat langsung dalam memberikan manfaat yang sesungguhnya dalam menciptkan hunian dan lingkungan yang indah, nyaman, dan juga aman.

Bagi kami, cat dan pelapis tidak hanya menjadi sekedar komoditas, melainkan bagian dari kebutuhan dan gaya hidup masyarakat. Saat ini konsumen menginginkan sebuah produk yang dapat memenuhi berbagai kebutuhannya yang semakin kompleks. Tidak hanya tepat, namun juga cepat dan mudah. Hal inilah yang mendorong Nippon Paint untuk senantiasa melakukan revolusi, mulai dari bahan baku hingga teknologi produksi, untuk menghasilkan produk-produk berkualitas yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan spesifik masyarakat dan tentunya mudah dijangkau”, pungkas Jon Tan.

 

Komentar pembaca

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
%d blogger menyukai ini: