Motor Listrik ber-STNK “Viar Q1” dari Viar dan Bosch dibandrol Rp. 16,2 juta

Advertisements

Lensautama.com Skutik (Skuter Matik) yang ramah lingkungan, praktis, efisien dan tidak menyebabkan polusi menjadi harapan pengguna kendaraan saat ini, terkhusus di kota-kota besar seperti Jakarta. PT Triangle Motorindo (TM), produsen Viar Indonesia bersama dengan Bosch meluncurkan skuter matik (skutik) bertenaga listrik, Q1.  Selain desaainnya yang praktis, pemiliki sekaligus pengendaranya juga sudah bisa memiliki STNK untuk dapat mengendarainya di jalan umum.

“Skutik Viar Q1 menjadi salah satu bentuk komitmen kami dalam mendukung pemerintah yang saat ini menginginkan kendaraan tanpa polusi serta tidak menggunakan bahan bakar guna efisiensi. Ini juga dapat mengurangi pemanasan global seperti yang tertuang pada Perpres nomor 22 tahun 2017,” ujar Ignatius Kartiman, Presiden Direktur PT Triangle Motorindo di harapan media, para undangan di Balai Kartini, Selasa (6/7/2017).

“Bosch sebagai perusahaan penyedia layanan dan teknologi global. Pusat penelitian e-Scooter driving system Bosch telah ada sejak 1999, kemudian diluncurkan pada 2013 lalu, dan  akhirnya tahun ini bisa hadir untuk Indonesia melalui Viar Q1,” sambung Amine Kamel, Director Automotive Electronics Bosch South East Asia.

“Viar Q1 merupakan produk inovatif PT Triangle Motorindo yang dikembangkan bersama dengan Bosch dan Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi salah satu bentuk komitmen dan dukungan kepada pemerintah. Hadirnya skuter listrik ramah lingkungan ini juga mendapat dukungan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan juga Perusahaan Listrik Negara (PLN)” tambah Kartiman.

Viar Q1 dilengkapi baterai Lithium-Ion maintenance free 60V 20Ah dengan tenaga 800 watt. Viar Q1 juga dibekali charger input 220 volt yang dapat mengeluarkan power 50 Hz. Untuk pengecasan, baterainya membutuhkan waktu hingga 5 jam . Setelah itu, skuter ini bisa berjalan hingga 70 km, dengan speed 60 km/jam. E-Scooter driving sistem dari Bosch yang diaplikasikan dalam unit skutik listrik Viar Q1 terdiri atas electronic control unit (ECU) dan e-Motor. Bobot Viar Q1 hanya bekisar 78,5 kilogram, cukup ringan untuk ditunggangi. Kedua ban yang digunakan ber-tipe tube type alias bukan tubeless dengan ukuran 90/90-10.

PT TM memberikan jaminan layanan purna jual terhadap baterai, motor penggerak, termasuk controller. Dengan harga Rp 16,2 juta (on the road) pelanggan bisa memilki Skutik cerdas ini. Hingga saat ini sudah terjual sebanyak 70 unit motor untuk wilayah  Jabodetabek. Viar sendiri menargetkan penjualannya hingga 500 unit perbulan dan ikut hadir di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017.

 

Komentar Pembaca