Indobuiltech Jakarta 2017 Dorong Pertumbuhan Sektor Konstruksi, Didukung oleh 16 Asosiasi dan CIMB Niaga

Advertisements

Lensautama.com  Untuk ke-15 kalinya, PT Debindo-ITE menggelar pameran material dan teknologi bangunan terbesar di Indonesia, Indobuildtech Expo Jakarta 2017 pada 17 – 21 Mei 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE, BSD City). Didukung oleh 16 asosiasi industri dan profesi serta layanan perbankan modern dan inovatif dari PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga), Indobuidtech merupakan sebuah platform bisnis dan marketplace bagi para pebisnis dan pelanggan aneka ragam building and finishing products yang pada gilirannya akan menumbuhkan dampak positif bagi pertumbuhan sektor konstruksi nasional.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor konstruksi menempati posisi ketiga sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia sepanjang 2016, dengan kontribusi 0,51% setelah sektor industri pengolahan dan sektor perdagangan. Kontribusi sektor konstruksi bagi pembentukan produk domestik bruto (PDB) pun cukup signifikan, yakni 10,38% atau  di urutan ke-4 setelah sektor industri, pertanian, dan perdagangan.

Menurut Effi Setiabudi, Direktur Utama Debindo-ITE, penyelenggara pameran, Indobuildtech 2017 merupakan platform bisnis yang tepat untuk marketing dan branding produk building and finishing materials, sekaligus kesempatan benchmarking dengan produk-produk  lain dari 20 negara peserta pameran.

“Indobuildtech Jakarta 2017 menampilkan aneka ragam produk dengan terobosan inovasi dan teknologi terbaru sebagai solusi bagi pebisnis dan pengunjung umum untuk kebutuhan sektor konstruksi, properti dan infrastruktur. Para pengunjung juga dapat memanfaatkan peluang business networking dan nilai tambah dari banyak kegiatan pendukung yang digelar selama 5 hari pameran,” jelas Effi.

Sementara itu, Lani Darmawan Direktur Consumer Banking CIMB Niaga mengatakan, keikutsertaan perseroan dalam Indobuildtech 2017 sebagai wujud dukungan untuk memajukan perekonomian nasional melalui pembangunan infrastruktur, yang salah satu pendukungnya adalah industri bahan bangunan. CIMB Niaga turut mendukung mata rantai bisnis supply chain, baik di perusahaan kecil, menengah, maupun korporasi, termasuk diantaranya yang bergerak di bidang bahan bangunan yang dipresentasikan dalam pameran ini. Dukungan  perseroan ditunjukkan pula melalui produk unggulan yang memungkinkan akses finansial supply chain management dilakukan secara digital, kapan pun dan di mana pun.

“Kami memiliki aspirasi menjadi leading bank yang menyediakan one stop financial solution untuk para nasabah melalui jaringan lokal dan regional Asia Tenggara, infrastruktur yang mendukung, pelayanan terbaik, dan tentunya penawaran produk-produk yang inovatif. Salah satu produk unggulan tersebut adalah BizChannel@CIMB, yang mampu memberikan manfaat pengelolaan keuangan bagi nasabah korporasi baik dari sisi keamanan maupun efisiensi waktu dan biaya, sehingga perseroan dapat meminimalisir risiko ”human error” serta memudahkan dalam proses rekonsiliasi,” ujar Lani.

Tahun ini adalah pertama kalinya CIMB Niaga berpartisipasi dalam Indobuildtech. Perseroan meyakini pameran ini dapat dijadikan sebagai salah satu platform utama bagi para pengusaha bahan bangunan dalam meningkatkan bisnis serta memperluas jaringan perdagangan, baik domestik maupun internasional. CIMB Niaga menawarkan beragam produk unggulan perbankan bisnis dan konsumer. Masyarakat dapat mengunjungi 14 booth dan 3 unit mobile branch CIMB Niaga di lokasi Indobuildtech.

Sebagai pameran teknologi dan bahan bangunan terbesar dan terlengkap di Indonesia, Indobuildtech Jakarta 2017 diikuti oleh lebih dari 550 perusahaan dari 20 negara termasuk Indonesia, sehingga menjadi wahana bertemunya para pelaku bisnis dan industri sub-sektor konstruksi, properti dan infrastruktur, termasuk didalamnya adalah para kontraktor, pemilik dan perencana proyek, arsitek,  disainer interior dan konsumen umum.

Peserta pameran merupakan produsen (manufacturer), agen tunggal, distributor dan agen besar dari beraneka ragam kategori produk baru dan berteknologi canggih meliputi Building & Architecture, Design Decor & Ceramic, mulai dari perlengkapan bangunan dan arsitektural, seperti panel aluminium, semen, gypsum dan papan partisi, ubin keramik lantai dan dinding, perlengkapan interior dan eksterior serta ragam perlengkapan bangunan lainnya.

Pameran Indobuildtech tahun ini diselenggarakan bersamaan tempatnya (co-located) dengan Indonesia Sport Expo and Forum (ISEF) di Hall 1, Indonesia Interior & Furniture Show (IIFS) di Hall 2, dan Indonesia Construction and Technology (ICT) di Hall 3 ICE BSD-City. Secara keseluruhan, luas area pameran mencapai 50.000 M2.

Presentasi dan Forum

Selain menjadi wahana mempertemukan exhibitor dan visitor untuk interaksi, negosiasi dan transaksi serta business networking, Indobuildtech Jakarta 2017 di ICE BSD-City juga memberikan manfaat dan nilai tambah signifikan melalui agenda Business Program yang digelar setiap hari selama berlangsung pameran. Digelar bekerjasama dengan asosiasi-asosiasi pendukung, kegiatan tersebut antara lain mencakup Product Presentation Sessions, Forum Arsitektur, Forum Arsitek, Munas IAPPI, International Building and Facility Management Conference, Green Building Forum by International Finance Corporation, Quantity Survey Verification Works Training by IQAI, Focus Group Discussion, Round Table Discussion, Seminar DOMUS by Tata Logam, Short Course, Arch Week dan sebagainya, yang masing-masing memberikan manfaat dan nilai tambah untuk pendalaman wawasan, pengetahuan, pemahaman dan penguasaan profesional bagi para pesertanya. Materi bahasan disiapkan dan disampaikan oleh narasumber yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya dari masing-masing asosiasi.

 

Fasilitas dan Kemudahan Untuk Pengunjung

Selain dapat berinteraksi langsung dengan para exhibitor untuk mendapatkan produk sesuai spesifikasi yang dibutuhkan dengan harga khusus selama pameran, dan berkesempatan mengikuti aneka kegiatan pendukung sesuai minatnya, para pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas dan kemudahan. Untuk mengunjungi Indobuildtech Jakarta 2017 telah disediakan layanan Shuttle Bus di berbagai lokasi strategis, parkir kendaraan gratis dan masuk area pameran juga tanpa dikenakan biaya. Semua kemudahan dan fasilitas Indobuildtech Jakarta 2017 tersebut bisa didapatkan dengan cara melakukan registrasi online melalui www.indobuildtech.com dan untuk 1000 orang pendaftar pertama akan mendapatkan Voucher Free Ride dari Uber pergi dan pulang.

 

Diselenggarakan sejak 2003 di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya, Indobuildtech merupakan pameran tahunan yang didedikasikan sepenuhnya untuk kemajuan industri material dan teknologi bangunan serta industri jasa konstruksi di Indonesia.

Komentar Pembaca