Fitur baru memulai debutnya dengan memindai jaringan WI-FI di Mobile World

Advertisements

LensaUtama.com – Avast, pemimpin dalam produk keamanan digital untuk pengguna pribadi dan perusahaan, telah merilis sebuah fitur baru yaitu aplikasi Avast Wi-Fi Finder untuk Android yang membantu pengguna melindungi jaringan dan perangkat-perangkat Internet of Things (IoT) nya. Disamping melindungi koneksi Wi-Fi, Avast Wi-Fi Finder juga memindai jaringan Wi-Fi secara otomatis untuk menemukan kelemahan-kelemahan perangkat yang terkoneksi, sehingga pengguna dapat mengatasi masalah-masalah keamanan yang mereka temukan.

Ketika sebuah perangkat IoT terkoneksi ke internet, setiap orang secara virtual dapat mengidentifikasi tipe, merek, perangkat lunak, dan alamat IP untuk ‘mengira-ngira’ lokasi. Di Spanyol sendiri, terdapat jutaan perangkat yang masih rentan terkoneksi ke internet. Data Avast menunjukkan bahwa lebih dari 40 juta pengguna di seluruh dunia menggunakan router yang lemah terhadap serangan cyber. Ketika terkoneksi ke Wi-Fi, Avast Wi-Fi Finder mencari tahu perangkat mana yang terkoneksi ke jaringan, melakukan evaluasi keamanan router – dari entry point hingga ke jaringan – dan mengidentifikasi kelemahan-kelemahan yang ada pada perangkat yang terkoneksi tersebut.

Setelah kerentanan teridentifikasi, Avast Wi-Fi Finder akan menuntun pengguna dengan instruksi-instruksi remediasi, seperti membuat password yang kuat untuk memperkuat keamanan jaringan dan perangkat yang mereka gunakan.

“Dalam beberapa bulan terakhir, kami melihat adanya peningkatan dalam jumlah serangan oleh botnet dalam skala besar yang menyusup ke perangkat-perangkat Internet of Things dan router yang tidak dilindungi,” kata Gagan Singh, SVP & GM, Mobile Avast.

“Para peretas kini lebih mahir dalam memanipulasi perangkat yang terkoneksi untuk memata-matai pengguna, mencuri informasi rahasia atau menggunakan perangkat sebagai senjata cyber untuk melakukan serangan masal. Pengguna perlu menerapkan langkah-langkah keamanan yang ekstrim ketika mengkoneksikan perangkat mereka ke sebuah jaringan Wi-Fi. Kami telah memperkenalkan teknologi inspeksi Avast yang sangat efektif untuk perangkat PC ke dalam aplikasi Wi-Fi Finder, untuk memudahkan pengguna mengidentifikasi kelemahan-kelemahan jaringan dan melindungi perangkat mereka yang terkoneksi.”

Avast Wi-Fi Finder kini memungkinkan pengguna untuk:

● Mengidentifikasi koneksi Wi-Fi yang tercepat dan teraman
● Meningkatkan kecepatan berselancar tanpa mengorbankan keamanan dan data pribadi.
● Mengevaluasi keamanan Wi-Fi dengan menilai kekuatan password router dan menemukan kelemahan-kelemahan
● Mengidentifikasi perangkat-perangkat yang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi tertentu untuk menemukan perangkat “unauthorized” yang terhubung
● Melakukan pemindaian untuk menemukan perangkat yang mudah diserang dan memperbaiki masalah-masalah keamanan.
Update Avast Wi-Fi Finder untuk pengguna android akan tersedia pada musim panas 2017 sekitar bulan Juli – Agustus.

Avast tengah mendiskusikan berbagai ancaman perangkat mobile dan IoT dan solusi-solusinya dan berada di Mobile World Congress 2017 di Barcelona, hall 2, booth no. 2G13.
Tentang Avast
Avast Software (www.avast.com), pemimpin produk keamanan digital untuk level konsumen dan korporasi di dunia, melindungi lebih dari 400 juta pengguna Internet. Avast menawarkan produk dengan merk dagang Avast dan AVG, yang melindungi pengguna dari ancaman di Internet dan ancaman terhadap perangkat IoT yang sedang berkembang. Jaringan pendeteksian terhadap ancaman merupakan salah satu yang tercanggih di dunia dengan menggunakan teknologi machine learning dan kecerdasan buatan untuk mendeteksi dan menghentikan ancaman secara real-time. Produk keamanan digital dari Avast untuk Mobile, PC atau Mac merupakan peringkat teratas dunia dengan sertifikat VB100, AV-Comparatives, AV-Test, OPSWAT, ICSA Labs, West Coast Labs dan lainnya. Avast didukung oleh perusahaan ekuitas swasta terkemuka di dunia, CVC Capital Partners dan Summit Partners.

Komentar Pembaca