22 TAHUN MASJID ISTIQLAL AKAN MERIAHKAN KONSEP KEROHANIAN

Advertisements

BERSIH – BERSIH MERIAHKAN HARI JADINYA MASJID ISTIQLAL JAKARTA

LENSAUTAMA.COM – Masjid Istiqlal merupakan masjid teresar di Asia Tenggara dan masjid terbesar keempat didunia. Pemancangan atu pertama, seagai tanda dimulainya pemangunan Masjid Istiqlal yang dilaksanakan dan dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tahun 1961. Arsitek Masjid Istiqlal adalah Federich Silaban yang berkeyakinan Kristen-Protestan, dengan desain bersandi ketuhanan setelah dipilih melalui sayembara rangan pembangunan Masjid Itiqlal pada 22 Februari 30 Mei 1955.Yang diketuai oleh Ir.Soekarno dan anggota nya seperti, Ir. Rosseno Soerjohadikoesomo, Ir. Djuanda Kartawidjaja, Ir. Suwardi, Ir. Ukar Bratakusumah, Rd. Soeratmoko, H.Adul Malik Karim Amrullah, H.Aboebakar Atjeh Oemar Husein Amin.
Tujug belas tahun kemudian Masjid Istiqlal selsai dibangun dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 22 Febbruari 1978, yang ditandai oleh pemsangan prassati di area pintu As-Salam. Pada tanggal 22 Februari kemudian di tetapkan seagai hari jadinya Masjid Istiqlal yang ke 22.
Struktur yang dipakai oleh Masjid Istiqlal ini memiliki lapisan marmer yang berukuran tinggi 66.66 meter, yang melambangkan 6.666 ayat dalam persepsi tradisional dalam Al-Qur’an. Ditambahkan kembali dengan menara puncaknya yang mahkotai dengan menara terbuat dari kerangka bajanya 30 meter yang melambangkan 30 Juz’dalam Al-Qur’an maka total tinggi menara adalah 96.66 meter masjid ini ditopang 12 pilar raksasa dan 5.138 tiang panjang. Kegiatan Festival Istiqlal ini sudah dua kali dalam beberapa tahun yang lalu dari tahun 1991 dan 1992 keduanya mengukir kesuksesan sepanjang sejarah peristiwa kegiatan kebudayaan dan kesenian islam yang akan dipertujukan kepada publik di indonesia dengan jumlah pengunjung sejumlah 7 juta pengunjung dan festival Istiqlal II sejumlah 11 juta pengunjung.
Pada 2017 ini. Kementerian pendidikan dan kebubudayaan, Direktorat Warisan dan DiplomasiBudaya memiliki program Tema Meriahkan Istiqlal yang akan diselenggarakan pada 22-28 Februari 2017. Dalam merayakan hari jadinya Istiqlal ini merupakan bagian dari Festival Istiqlal yang akan diselenggarakan dalam bentuk pameran keseniana yang bernafaskan islam dari berbagai daerah daerah diindonesia. Kegiatan hari jadinya Istiqlal akan dimeriahkan dengan serangkaian acara, salah satunya pembersihan Masjid Istiqlal .
Kegiatan ini merupakan perwujudan dan kegembiraan anak bangsa dari berbagai kelompok pencinta ala yang berasal dari berbagai latar belakang dan berbagai agama untuk menjadikan Masjid yang sudah berusia 39 tahun ini menjadi cerah. Setiap harinya lebih dari 200 pencinta alam yang akan berpartisipasi dalam kegiatan ini.Hafidz_Mabrur

Komentar Pembaca