Tip Berkendra Aman Saat Musim Hujan

Advertisements
JakartaSaat ini musim hujan telah tiba aktivitas berkendara akan membutuhkan lebih banyak waspada dan hati-hati, saat hujan jalanan yang licin ditambah jarak pandang yang pendek akan semakin meningkatkan resiko kecelakaan.

Maka selaku pengendara yang normal kita harus mampu untuk meningkatkan kewaspadaan agar tetap aman dan selamat saat berkendara meski hujan lebat sedang turun.

Berikut adalah beberapa tips agar tetap aman dalam berkendara saat hari hujan:

1. Pastikan Kondisi Mobil Prima
Saat hujan tidak hanya kondisi pengemudi yang harus ditingkatkan melainkan kondisi kendaraan juga harus tetap terjaga, Salah satunya adalah memastikan kondisi ban dalam kondisi yang baik serta memiliki tekanan angin yang sesuai.

2. Jaga jarak aman kendaraan
Jaga jarak aman dengan pengendara lain. Karena pada saat hujan jarak aman pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada kondisi kering.

3. Kurangi Kecepatan
Untuk mengurangi resiko hal yang tidak diinginkan, kurangi kecepatan kendaraan anda agar lebih mudah dikendalikan.

4. Nyalakan Lampu Utama, Hindari Penggunaan Lampu Hazard
Jika anda merasa jarak pandang menjadi terlalu pendek atau sulit melihat kedepan, maka nyalakan lampu utama kendaraan anda, Meski tidak banyak membantu untuk melihat jalanan, tapi ini akan sangat membantu untuk memberitahu pengendara lain di depan dan yang berlawanan arah tentang keberadaan mobil yang anda kendarai dan yang sangat penting jangan pernah menggunakan lampu Hazard.

5. Periksa semua lampu kendaraan
Jangan lupa periksa semua lampu kendaraan, apakah semua lampu dapat berfungsi dengan baik. Lampu tersebut bermanfaat membantu Anda melihat di jarak pandang yang terbatas karena hujan.

Intinya selalu waspada dan berhati-hati di jalan dan selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas, perhatikan marka jalan, dan selalu konsentrasi.

Tinggalkan Balasan

Double Column Posts

Double Column Posts Subtitle

Ingin Liburan Akhir Tahun Nyaman, Proteksi Diri dengan Asuransi

Jakarta - Menjelang libur akhir tahun, para traveller tentunya sudah mulai menyusun rencana liburan mereka, selain hari liburnya yang lebih panjang, para traveller ini ingin merasakan momen pergantian tahun dengan...

Rayakan Harbolnas 2018, TCL Gelar Diskon Besar Besaran di Lazada

LensaUtama.com - Pada ajang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) kali ini, salah satu e-commerce yaitu Lazada juga memberikan diskon besar besaran. Bahkan sejumlah merek ternama dipastikan ikut meramaikan pesta belanja...

Asuransi Astra Kenalkan Pentingnya Asuransi pada Narablog

Jakarta - Banyak kalangan usia muda atau generasi milenial yang belum memahami pentingnya asuransi. Padahal asuransi dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai kemungkinan risiko yang terjadi di kemudian hari, msalnya saja...

Melalui ACT Mobil123 Serahkan Donasi Untuk Korban Gempa di Lombok

Jakarta - PT Mobil Satu Asia pemilik portal otomotif nomor 1 di Indonesia Mobil123.com dan Otospirit.com menyerahkan bantuan sebesar Rp 25.000.000,00 kepada Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk mengurangi beban masyarakat...

%d blogger menyukai ini: