Pereli Indonesia Tampil Mendominasi di Hari Pertama Kejuaraan Reli Malaysia 2018

Advertisements
JakartaBeberapa pereli Tanah Air, tampil mendominasi di hari pertama Kejuaraan Reli Malaysia bertajuk International Rally of Johor 2018 yang digelar di kawasan perkebunan Tai Tak, Kota Tinggi, Johor Bahru, Malaysia. Berhasil menduduki posisi pertama secara keseluruhan—sekaligus peringkat pertama kelas P12 yang merupakan kelas untuk mobil berpenggerak roda empat dan memiliki kapasitas mesin 2.000 cc ke atas.

Enam special stage (SS) berjarak 158 kilometer pun berhasil dilewati Rahmat-Donny dengan total catatan waktu 2 jam 25 menit 55,339 detik atau lebih cepat lima setengah menit dari Dato’ Moh. Hanif Borhan dengan navigatornya Moh. Hazwan Fauzi selaku pereli tuan rumah yang berada di posisi kedua.

Rahmat sempat mendapatkan perlawanan dari pereli asal Jepang, Satoru Ito dengan navigatornya Sean Gregory di SS kedua dan ketiga. Bahkan catatan waktunya memiliki selisih satu menit lebih lambat dari Satoru dan Dato’ Moh. Hanif. SS ketiga juga tercatat merupakan hasil paling buruk yang diraih Rahmat di hari pertama International Rally of Johor 2018.

Sementara dua pereli Indonesia lainnya, Roby Gusman Harahap dengan navigatornya H. Rizky Fauzi serta Julian Johan bersama navigatornya Recky Resanto, yang sama-sama turun di kelas P10 (mobil berpenggerak roda dua dengan kapasitas mesin di antara 1.400 hingga 1.600 cc) juga menorehkan hasil baik di hari pertama ini.

Roby berhasil menduduki posisi pertama, setelah nyaris di seluruh SS harus beradu kecepatan waktu dengan pereli Jepang Takeshi Azuma dan navigatornya Masako Sakane. Bahkan perbedaan waktu antar keduanya sangat tipis, yaitu 0,37 detik saja. Kesuksesan Roby juga diikuti oleh Julian yang menduduki posisi ketiga.

Rifat Sungkar selaku Ketua Komisi Rally Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat yang turut mendamingi para pereli ini mengungkapkan bahwa cuaca panas di sepanjang hari menjadi tantangan utama bagi para peserta.

“Temperaturnya luar biasa panas dan ini adalah tantangan bagi para pereli kita. Namun mereka berhasil melewati enam special stage (SS) dengan baik” jelas Rifat Sungkar

Penampilan para pereli Indonesia adalah suatu pengalaman baru yang sangat berharga dan sebenarnya persoalan menang-kalah bukan menjadi yang utama.

“Sebenarnya saya melihat keikutsertaan Putra, Rahmat, Julian, dan yang lainnya sebagai pengalaman baru mereka mengikuti kejuaraan internasional. Memimpin ataupun meraih kemenangan bukan target saat ini, tapi belajar berlatih bagaimana mengontrol diri sendiri, belajar set up kendaraan, dan belajar mengantisipasi hal-hal yang bisa saja terjadi” cerita Rifat.

International Rally of Johor 2018 sendiri merupakan suatu kejuaraan yang bukan hanya mengandalkan kecepatan, namun juga bagaimana menerapkan dan bermain strategi.

“Kalau dilihat, pembagian jarak tempuh di hari pertama lebih jauh dibandingkan hari kedua. Ini sangat menentukan suasana kompetisi bagaimana para peserta dapat mengatur ketahanan dan emosi mereka masing-masing” pungkas Rifat.

Tinggalkan Balasan

Double Column Posts

Double Column Posts Subtitle

Perkuat Bisnis Logistik, Lalamove Perkuat Jangkauan Pengiriman Terbaik di Asia

Jakarta - Bisnis logistik dan pengiriman barang semakin melejit di Indonesia, Lalamove pemimpin dari penyedia jasa logistik dan on-demand delivery di Asia Tenggara dan Tiongkok kini kehadirannya mulai kuat di Jakarta....

Melalui ACT Mobil123 Serahkan Donasi Untuk Korban Gempa di Lombok

Jakarta - PT Mobil Satu Asia pemilik portal otomotif nomor 1 di Indonesia Mobil123.com dan Otospirit.com menyerahkan bantuan sebesar Rp 25.000.000,00 kepada Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk mengurangi beban masyarakat...

Moza Memperkenalkan Produk Terbarunya Pada Gelaran Indocomtech 2018

Jakarta - PT Denka Pratama Indonesia yang merupakan distributor resmi produk elektronik khususnya aksesori kamera dan pemegang lisensi empat brand internasional terkenal, Moza, Mike, Zhiyun, dan Feiyu memperkenalkan produk terbarunya,...

Lima Finalis Motor Terbaik Pilihan Forwot (Forum Wartawan Otomotif) 2018

Lensautama.com -  Pasar sepeda motor nasional tetap menunjukkan gairahnya di tengah kondisi ekonomi yang sulit. Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan pasar domestik nasional periode Januari hingga...

%d blogger menyukai ini: