BlackBerry Meningkatkan Komitmennya Membangun Masa Depan Autonomous

Advertisements

Lensautama – Untuk merayakan National Autonomous Vehicle Day, BlackBerry Limited (NYSE: BB; TSX: BB) hari ini mengumumkan bahwa perusahaan telah bergabung dengan konsortium OmniAir sebagai anggota eksekutif guna membantu memajukan pengujian, sertifikasi, dan penyebaran teknologi untuk kendaraan terhubung serta Sistem Transportasi Cerdas (Intelligent Transportation Systems – ITS). BlackBerry berhasil mendemonstrasikan interoperabilitas sertifikat V2X-nya pada Mei 2018 di OmniAir MotorCity PlugFest.

“Masa depan kendaraan terhubung tergantung pada komunikasi yang aman antara kendaraan dan infrastruktur kota, kendaraan lain, serta perangkat pintar” kata Jim Alfred, vice president and GM of BlackBerry Certicom.

“Untuk mewujudkan potensi ini, mobil perlu berbicara dengan mobil lainnya serta lingkungan sekitarnya dengan bahasa dan protolol yang sama guna memastikan komunikasi tersebut bisa dipercaya. Sistem manajemen kredensial keamanan yang kami umumkan hari ini akan meningkatkan keamanan, kepercayaan, dan juga
keselamatan komunikasi V2X” tambahnya.

SCMS – Sistem Aman untuk Mendukung Komunikasi V2X

Komunikasi V2X adalah inovasi terbaru untuk kapabilitas mobil terhubung, memungkinkan komunikasi real-time
antara kendaraan, peralatan sisi jalan, infrastruktur kota, dan perangkat pintar.

Konektivitas V2X memberikan informasi untuk memungkinkan mengemudi lebih aman sehingga membantu mencegah kecelakaan, mengurangi kemacetan dan menurunkan emisi melalui mobilitas yang dioptimalkan serta meningkatkan koordinasi lalu lintas.

Keberhasilan teknologi V2X

Keberhasilan teknologi V2X tergantung pada cybersecurity dan verifikasi terpercaya dari
setiap pesan yang dikirim atau diterima antara mobil-mobil dan peralatan lainnya seperti lampu lalu lintas atau rambu jalanan. Sistem harus dirancang agar peretas tidak dapat membahayakan kepentingan masyarakat dengan memodifikasi pesan V2X saat transit dari perangkat yang sudah disertifikasi.

Tersedia pada musim gugur tahun 2018, sistem manajemen kredensial keamanan BlackBerry (Security Credential Management System – SCMS) akan mengamankan komunikasi antara kendaraan dan dengan peralatan pinggir jalan dengan dua cara: tanda tangan digital, yang melindungi pesan dari manipulasi; serta sertifikat, yang mengidentifikasi pengirim sebagai seorang yang bisa dipercaya.

SCMS BlackBerry akan memungkinkan para OEM, pemasok, pembuat infrastruktur kota dan produsen peralatan jalan untuk menerapkan protokol keamanan V2X dalam sistem embedded otomotif mereka.

Kendaraan dan perangkat yang terhubung bisa mendaftar di SCMS, memperoleh sertifikat keamanan dari Otoritas Sertifikat
yang berwenang dan menggunakan sertifikat tersebut untuk menandatangani pesan-pesan V2X.

Konsortium OmniAir telah mengembangkan program pengujian dan sertifikasi untuk perangkat kendaraan-kendaraan (vehicle-to-vehicle – V2V), kendaraan-ke-infrastruktur (vehicle-to-infrastructure – V2I), dan kendaraan-ke-segalanya (vehicle-to everything – V2X) sebagai bagian dari misinya untuk mempromosikan sistem
komunikasi yang kuat dan aman untuk mengemudi secara kooperatif.

Anggota Konsortium OmniAir

Anggota Konsortium OmniAir bekerja sama untuk mempromosikan penyebaran teknologi kendaraan terhubung yang aman dan interoperabilitas. Para anggota juga bekerja sama untuk mengatasi tantangan teknis serta mendukung pengujian dan sertifikasi pihak ketiga yang independen.

“Kami senang BlackBerry bisa menjadi bagian dari OmniAir yang bisa membantu kami meningkatkan upaya menstandardisasi proses sertifikasi perangkat V2X” kata Jason Conley, Direktur Eksekutif untuk OmniAir.

“Membangun dan mengelola program sertifikasi perangkat V2X sangat penting untuk menciptakan ekosistem V2X yang aman serta dapat dioperasi oleh berbagai pihak. Keahlian BlackBerry dalam mengoperasikan Otoritas Sertifikasi untuk perangkat tepercaya akan memperkuat program interoperabilitas OmniAir V2X” tambahnya.

BlackBerry mengakuisisi Certicom

Pada tahun 2009, BlackBerry mengakuisisi Certicom, spesialis dalam Elliptic Curve Cryptography (ECC), dan penemu sertifikat implisit serta konsep butterfly key yang sedang digunakan dalam komunikasi V2X. Penerapan konsep-konsep ini memungkinkan keamanan yang efisien untuk mobil terhubung masa depan dan Sistem Transportasi Cerdas.

BlackBerry Certicom memelopori penggunaan solusi infrastruktur kunci publik skala tinggi (Public Key Infrastructure – PKI) untuk aplikasi seluler, metering cerdas dan telematika, serta mengembangkan teknologi yang telah mengamankan ratusan juta perangkat.

Layanan PKI-nya memanfaatkan infrastruktur BlackBerry yang tepercaya dan andal untuk memberikan jangkauan global dan mendukung para OEM, operator jala dan
pemangku kepentingan pemerintah dalam memastikan keamanan mobil yang terhubung dan otonom.

Tinggalkan Balasan

Double Column Posts

Double Column Posts Subtitle

Lima Finalis Motor Terbaik Pilihan Forwot (Forum Wartawan Otomotif) 2018

Lensautama.com -  Pasar sepeda motor nasional tetap menunjukkan gairahnya di tengah kondisi ekonomi yang sulit. Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan pasar domestik nasional periode Januari hingga...

Masih Bingung Perbedaan Mirroring, Mirorlink, Miracast Bahkan Airplay Baca Ini

Jakarta - Asuka Car TV bukanlah teknologi yang hanya ikut-ikutan dan berhenti menerobos teknologi jaman dalam bidangnya. Kembali lagi terkait dengan sering terjadi kekeliruan terhadap penggunaan kata Mirrorlink dan Mirroring,...

Chief Pomade Jangkau Indonesia Lebih Luas Dengan Buka Toko Online di Shopee

Jakarta - Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, secara resmi luncurkan Chief Barber & Supplies Co Official Shop, salah satu barbershop lokal terdepan dan perawatan rambut pria...

Mitsubishi Xpander Sebagai Car of the Year 2018 Versi Wartawan Otomotif

Jakarta - FORWOT Car of the Year tahun ini diramaikan oleh 23 mobil baru yang dirilis selama periode Agustus 2017 hingga Juli 2018. Jumlah ini menurun dibandingkan peserta tahun 2017...

%d blogger menyukai ini: