El Toro Loco ikut ramaikan gelaran IIMS 2018

Advertisements

Jakarta – Dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, tidak hanya mobil penumpang tapi juga ada arena dipamerkannya monster truck, El Toro Loco. Didatangkan langsung dari Amerika Serikat, El Toro Loco alias The Crazy Bull merupakan salah satu monster truck yang kini bertanding di ajang balap Advance Auto Parts, MONSTER JAM.

Desain pada El Toro Loco awalnya dibuat untuk Bulldozer, namun kemudian dipakai untuk El Toro Loco. Berkat penampilan sensasionalnya di MONSTER JAM, El Toro Loco jadi truk dengan gaya paling populer tak hanya dikalangan pecinta otomotif tapi juga anak-anak.

Sejak 2012, tim balap El Toro Loco punya 4 truk. Desain bodi keempatnya sama, namun tiap kendaraan punya sasis yang unik dan berbeda. Pada 2016, El Toro Loco ikut balapan AMSOIL Series dengan pembalap rookie, Mark List.

Pendatang baru ini sukses meraih kemenangan di Tulsa, Oklahoma. Sementara pembalap lainnya, Beck McDonough membukukan 2 poin di FS1 Championship Series dengan El Toro Loco berkelir kuning. Sementara Dan Rodoni menjual 2 truknya dan cuti balapan sejak 2016.

Bintang dari Monster Jam ini memiliki daya tarik karena bodi mobil menggambarkan sebuah banteng plus dengan tanduk besar yang intimidatif. Untuk El Toro Loco yang dipamerkan di IIMS 2018 menggunakan mesin V8 berkapasitas 8.800 cc, El Toro Loco dengan tenaga maksimum 1.000 dk.

Namun ketika beraksi, baik show maupun balapan di Amerika Serikat, tenaganya bisa mencapai 1.600 dk. Menggunakan bahan bakar alkohol, El Toro Loco menghabiskan 30-35 liter alkohol untuk melakukan aksi selama 12-15 menit.

Dimensinya yang besar membuat El Toro Loco mempunyai bobot hingga 5 ton. Salah satu penyumbang bobotnya adalah ban yang berukuran 66 inci dengan berat 350-400 kg untuk 1 ban. Beberapa aksi yang bisa dilakukan dalam kompetisi Monster Jam diantaranya wheelie dan flip.

Sisi menarik lainnya adalah, El Toro Loco hanya memiliki satu jok dengan posisi berada di bagian tengah. Untuk memberikan pandangan lebih kepada pengemudi, bagian bawah El Toro Loco diberikan lapisan transparan. Sehingga siapa pun pengemudinya, dapat melihat bagian bawah untuk mengantisipasi berbagai kejadian saat beraksi.

Bodi dan ban besar yang digunakan El Toro Loco ditunjang oleh suspensi yang memadai. Di setiap roda, terdapat empat shockbreaker yang akan aktif bekerja ketika sedang melakukan atraksi.

Untuk faktor safety, mobil ini selain dilengkapi sabuk pengaman 7 titik untuk pengemudi, juga memiliki perangkat tambahan yaitu sebuah remote control yang dapat mematikan mesin sebagai antisipasi jika mobil terbakar saat melakukan show.

Tinggalkan Balasan

Double Column Posts

Double Column Posts Subtitle

Rayakan Harbolnas 2018, TCL Gelar Diskon Besar Besaran di Lazada

LensaUtama.com - Pada ajang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) kali ini, salah satu e-commerce yaitu Lazada juga memberikan diskon besar besaran. Bahkan sejumlah merek ternama dipastikan ikut meramaikan pesta belanja...

First Media Raih Mobile DNA Award 2018

Jakarta - First Media, penyedia TV berbayar dan Fixed Broadband Cable Internet yang dioperasikan oleh PT Link Net Tbk. memperoleh penghargaan Mobile DNA Award 2018 untuk kategori Network dengan sub...

Asuransi Astra Kenalkan Pentingnya Asuransi pada Narablog

Jakarta - Banyak kalangan usia muda atau generasi milenial yang belum memahami pentingnya asuransi. Padahal asuransi dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai kemungkinan risiko yang terjadi di kemudian hari, msalnya saja...

Pertamina TBBM Peduli Lingkungan Dengan Bersihkan Pantai Saliper Ate

Sumbawa – PT Pertamina (Persero) Terminal BBM Badas menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan, para Pekerja, Mitra Kerja hingga Awak Mobil Tangki (AMT) beserta keluarganya melakukan aksi bersih pantai. "Ada sekitar 100...

%d blogger menyukai ini: