Fortinet beri solusi hadapi serangan Ransomware

Advertisements

Fortinet beri solusi hadapi serangan Ransomware

Lensautama.com  ransomware Wannacry yang sempat mengguncang Jakarta beberapa waktu lalu bisa saja kembali menyerang perangkat komputer kita di Indonesia. Peretas akan terus berupaya dengan pelbagai cara melihat celah keamanan dan menguatkan kemampuan ransomwarenya. Para pengguna komputer invidual dan korporasi harus meningkatkan sistem keamanan perangkatnya.

ransomware paling banyak menyerang melalui e mail dan situs. Dan dalam kasus terakhir, ransomware Wannacry menyerang layanan kesehatan (healtcare) di Indonesia, jelas Kurniawan Darmanto, security consultant fortinet Indonesia di kawasan bundaran HI, Jakarta, 8 Juni 2017. “Serangan Wannacry ini bisa terjadi lagi di masa depan karena hacker akan terus meng-enhance malware-nya” tambah kurniawan.

Beberapa solusi dan tips untuk menghindari serangan ransomware versi Fortinet selaku penyedia solusi keamanan siber sebagai berikut :

  1. memperbaharui software aplikasi dan sistem operasi perangkat komputer.
  2. tidak sembarangan mengunduh file lampiran di e mail yang diterima.
  3. Membackup semua data, sebaiknya semiggu sekali dan disimpan secara on line. ketika terdeteksi, periksa kembali back – up data dan pastikan bebas malware.
  4. Isolasi perangkat yang terinfeksi dengan memutusnya dari semua jaringan secepat mungkin untuk mencegah penyebaran ransomware ke jaringan/perangkat terhubung lainnya.
  5. Segera putuskan koneksi dengan semua perangkat terhubung bila jaringan sudah terinfeksi.
  6. matikan semua perangkat terpengaruh yang belum seluruhnya rusak.
  7. hubungi pihak berwenang, laporkan setiap ransomawre yang dialami dan mintalah bantuan.
  8. gunakan solusi FortiGuard yang menawarkan Advanced threat protection termasuk Fortigate, Fortimail, Fortiweb dan Sandbox.

“FortiGuard Labs dari Fortinet telah memonitor dan menganalisa ancaman secara terukur dari dua juta lebih sensor di suluruh dunia” tutup Kurniawan.

 

 

 

BRI Indocomtech 2017 Kembali Hadir

 

 

Tinggalkan Balasan

Double Column Posts

Double Column Posts Subtitle

Perkuat Bisnis Logistik, Lalamove Perkuat Jangkauan Pengiriman Terbaik di Asia

Jakarta - Bisnis logistik dan pengiriman barang semakin melejit di Indonesia, Lalamove pemimpin dari penyedia jasa logistik dan on-demand delivery di Asia Tenggara dan Tiongkok kini kehadirannya mulai kuat di Jakarta....

Melalui ACT Mobil123 Serahkan Donasi Untuk Korban Gempa di Lombok

Jakarta - PT Mobil Satu Asia pemilik portal otomotif nomor 1 di Indonesia Mobil123.com dan Otospirit.com menyerahkan bantuan sebesar Rp 25.000.000,00 kepada Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk mengurangi beban masyarakat...

Moza Memperkenalkan Produk Terbarunya Pada Gelaran Indocomtech 2018

Jakarta - PT Denka Pratama Indonesia yang merupakan distributor resmi produk elektronik khususnya aksesori kamera dan pemegang lisensi empat brand internasional terkenal, Moza, Mike, Zhiyun, dan Feiyu memperkenalkan produk terbarunya,...

Lima Finalis Motor Terbaik Pilihan Forwot (Forum Wartawan Otomotif) 2018

Lensautama.com -  Pasar sepeda motor nasional tetap menunjukkan gairahnya di tengah kondisi ekonomi yang sulit. Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan pasar domestik nasional periode Januari hingga...

%d blogger menyukai ini: