gangguan pada pencernaan

Jangan Remehkan Gangguan pada Pencernaan

Advertisements

LensaUtama.com – Gangguan penceranaan bisa terjadi pada siapa saja. Dan banyak orang, biasanya tak terlalu memusingkan ketika terjadi gejala gangguan pada pencernaan. Padahal, hal ini bisa berakibat cukup fatal.

Ada beberapa gejala penyakit yang menyerang lambung, sehingga menyebabkan perut terasa perih, mual atau muntah, selera makan menurun, lemas, pusing, sesak nafas, dan keringat dingin,” kata Dr. Tirza, Sp.PD – Spesialis Penyakit Dalam dari RS Evasari Awal Bros.

“Namun disamping itu adapula gejala BAB berdarah, muntah darah dan nyeri dada terbakar,” imbuhnya.

Untuk mengetahui adanya gangguan pada pencernaan, biasanya karena pola konsumsi makanan yang tak sehat. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi makanan yang serba lezat, berlemak, dan berkolesterol tinggi. Lalu, kebiasan makan makanan yang banyak mengandung zat-zat kimia tambaha seperti zat pewarna, penyedap rasa, penyedap bau, dan lainnya.

Faktor lain, biasanya dari kebiasaan minum minuman beralkohol, makanan yang sudah kadaluarsa (basi),  pola makan yang tak teratur, seringkali terlambat, tergesa-gesa sehingga tak sempurna mengunyah.

Jika gangguan pada pencernaan sudah semakin parah, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan nyeri lambung (gastritis) dengan endoskopi, urea breath test, rontgen dan pemeriksaan feses.

“Oleh karena itu, sangatlah penting kita menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat. Pencegahan yang bisa dilakukan agar meminimalisir terjadinya gangguan pencernaan antara lain mengonsumsi makanan yang cukup serat dan cairan yang cukup,  hindari mengonsumsi mie instan, hindari makanan yang bisa mengiritasi lambung seperti pedas, asam, alcohol, kafein, rokok, aspirin, makan sedikit-sedikit tapi sering, dan usahakan buang air besar secara teratur,” tutup Dr Tirza.

 

 

Tinggalkan Balasan

Double Column Posts

Double Column Posts Subtitle

Perkuat Bisnis Logistik, Lalamove Perkuat Jangkauan Pengiriman Terbaik di Asia

Jakarta - Bisnis logistik dan pengiriman barang semakin melejit di Indonesia, Lalamove pemimpin dari penyedia jasa logistik dan on-demand delivery di Asia Tenggara dan Tiongkok kini kehadirannya mulai kuat di Jakarta....

Melalui ACT Mobil123 Serahkan Donasi Untuk Korban Gempa di Lombok

Jakarta - PT Mobil Satu Asia pemilik portal otomotif nomor 1 di Indonesia Mobil123.com dan Otospirit.com menyerahkan bantuan sebesar Rp 25.000.000,00 kepada Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk mengurangi beban masyarakat...

Moza Memperkenalkan Produk Terbarunya Pada Gelaran Indocomtech 2018

Jakarta - PT Denka Pratama Indonesia yang merupakan distributor resmi produk elektronik khususnya aksesori kamera dan pemegang lisensi empat brand internasional terkenal, Moza, Mike, Zhiyun, dan Feiyu memperkenalkan produk terbarunya,...

Lima Finalis Motor Terbaik Pilihan Forwot (Forum Wartawan Otomotif) 2018

Lensautama.com -  Pasar sepeda motor nasional tetap menunjukkan gairahnya di tengah kondisi ekonomi yang sulit. Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan pasar domestik nasional periode Januari hingga...

%d blogger menyukai ini: